Film kerajaan romawi


Gladiator adalah film drama petualangan tahun 2000 yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diproduseri oleh Douglas Wick, David Franzoni dan Branko Lustig. Naskah film ini ditulis oleh David Franzoni, John Logan dan William Nicholson, sementara ceritanya ditulis oleh David Franzoni. Film ini dibintangi oleh Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Oliver Reed, Derek Jacobi, Djimon Hounsou dan Richard Harris.
Film Gladiator ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 1 Mei 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Mei 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.
Dua jam ke dalam epik pedang-dan-sandal Ridley Scott, Gladiator, sang Kaisar Commodus yang jahat (Joaquin Phoenix) meringkas plotnya bagi kita:
“Jenderal yang menjadi budak. Budak yang menjadi gladiator. Gladiator yang menentang seorang kaisar. Cerita yang menarik. Sekarang orang-orang ingin tahu bagaimana ceritanya berakhir.”
Syukurlah, mereka segera tahu. Sang jenderal-budak-gladiator dalam film itu, Maximus (Russell Crowe), membunuh Commodus di Koloseum, membalas dendam atas pembunuhan istri dan putranya, membebaskan mantan kekasihnya Lucilla (Connie Nielson) serta rekan-rekan gladiatornya, memenuhi harapan terakhir mantan kaisar, Marcus Aurelius, dan memberi kesempatan bagi demokrasi untuk berkembang di Roma.
Secara harfiah tidak ada lagi yang bisa dicapai Maximusβ€”yang untung baginya, karena ia meninggal tepat sebelum kredit bergulir.
Singkatnya jika ada satu film yang tidak butuh sekuel, itulah Gladiator.
Namun pada 2001, film itu meraih lima piala Oscar, termasuk dalam kategori film terbaik dan aktor terbaik, dan meraup $457 juta (Rp6,7 triliun) di box office, jadi Anda tak bisa menyalahkan sang sutradara dan bintangnya kalau mereka ingin kembali merasakan kesuksesan yang menakjubkan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *